Skip to main content

INFO PENTING HATI - HATI !!! Siapapun anda,Merokok atau Tidak, Waspadai 8 Gejala Awal Kanker Paru-paru ini

Kanker paru-paru adalah salah satu penyakit ganas yang bisa menyebabkan kematian. Dikatakan bahwa penyakit ini adalah penyebab kematian tertinggi di dunia, sekitar 1.560.000 orang di seluruh dunia meninggal karena kanker paru-paru setiap tahunnya.
WASPADALAH...!!! Siapapun anda,Merokok atau Tidak, Waspadai 8 Gejala Awal Kanker Paru-paru ini

Berdasarkan data dari International Agency for Reasearch on Cancer (IARC), pada tahun 2012 di Indonesia terdapat 25.322 pasien kanker paru-paru pria dan 9.374 pasien kanker paru-paru wanita. Penyebab utama kanker paru-paru ini adalah kebiasaan merokok.

80-90% kasus kanker paru-paru disebabkan oleh kebiasaan merokok. Sisanya disebabkan oleh radiasi, polusi udara dan arsenik. Orang yang berusia lanjut juga rentan terkena kanker paru-paru.

Tidak ada gejala atau tanda yang jelas saat kanker paru-paru mulai menimpa seseorang. Namun berikut ini ada 8 tanda tahap awal terjadinya kanker paru-paru yang harus Anda waspadai.

1. Napas yang pendek

Biasanya kita mengalami napas yang pendek jika kita melakukan olahraga seperti berlari. Namun jika Anda bangun dari tidur dan mengalami napas pendek yang tersengal-sengal, bisa jadi Anda mengalami masalah pernapasan yang serius. Napas yang pendek adalah gejala awal dari kanker paru-paru

2. Merasa kelelahan

Jika Anda merasakan kelelahan yang luar biasa padahal tidak melakukan pekerjaan berat, hingga membuat Anda sulit tidur, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter. Kelelahan adalah salah satu tanda bahwa tubuh telah menggunakan energi cadangan saat mencoba menyembuhkan diri.

3. Batuk yang terus menerus

Batuk yang terus menerus dan tidak kunjung sembuh meski telah diobati bisa menjadi tanda bahwa anda mengalami gejala awal kanker paru-paru. Batuk adalah mekanisme tubuh dalam bereaksi saat sistem pernapasan mengalami masalah.

4. Punggung dan bahu terasa sakit

Perempuan cenderung mengalami kanker paru-paru jenis adenocarcinoma. Kanker jenis ini tumbuh di lapisan terluar paru-paru sehingga menekan tulang rusuk dan punggung. Karenanya anda harus waspada jika merasakan sakit di
bagian punggung dan tulang belikat.

5. Suara serak

Kanker pada sistem pernapasan menyebabkan pita suara menjadi iritasi bahkan bengkak, sehingga membuat suara menjadi serak dan gatal. Bila Anda mengalami suara serak secara tiba-tiba dan bertahan hingga lebih dari tiga minggu. Segera periksakan tenggorokan dan paru-paru anda ke rumah sakit.

6. Penurunan berat badan

Saat berat tubuh menurun secara drastis padahal tidak sedang melakukan diet apapun, maka Anda perlu waspada. Saat tubuh sakit, tubuh akan membakar cadangan lemak lebih cepat.

7. Susah menelan

Iritasi dan pembengkakan di saluran pernapasan memang membuat susah menelan. Jika ini terjadi setelah Anda mengalami flu, tentu tak perlu khawatir. Tapi jika keadaan ini terus berlangsung, Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter.

8. Sakit di bagian dada

Adecarcinoma yang menyebabkan sakit di bagian dada dan punggung juga bisa mengarah pada efusi pleura, sebuah kondisi menyakitkan yang membuat garis paru-paru menjadi bengkak. Jika Anda mengalami sakit di bagian rusuk yang terus menrus di satu area, Anda harus segara mencari pertolongan.

Seorang ahli onkologi dari Rumah Sakit Kanker Modern di Gangzhou, China, mengatakan, bagi Anda yang aktif merokok sejak lama dan berusia 40 tahun, disarankan untuk melakukan pemeriksaan secara rutin. Dan bagi Anda yang memiliki riwayat kanker dalam keluarga, sebaiknya melakukan pemeriksaan X-ray setiap 6 bulan sekali.

Sebagai tindak pencegahan, Anda harus menghindari atau mengurangi kebiasaan merokok. Gunakan masker setiap kali Anda bepergian untuk mencegah polusi masuk ke dalam saluran pernapasan.

Semoga informasi ini bermanfaat!



Fitriyani Penulis yang menggemari dunia anak dan concern terhadap isu tentang perempuan.

Comments

Popular posts from this blog

Resep Dadar Gulung Polkadot. Si Cantik Yang Manis Dan Gurih Pasti Disukai Si Kecil!!!

Kue dadar gulung merupakan kue tradisional yang cukup populer. Biasanya dadar gulung ini memiliki tampilan sederhana dengan warna hijau. Bagian dalamnya diisi dengan untuk berupa parutan kelapa dan gula merah. Kue ini sering dtiemui di berbagai acara, mulai dari rapat RT, arisan, dampai pesta pernikahan. Dengan tampilan yang "itu-itu" saja, kue ini memang kurang menarik dan sering dilewatkan begitu saja. Tapi tahukah bunda, dengan sedikit modifikasi kulit dan unti, kue dadar gulung bisa tampil jauh lebih menarik dan juga enak. Kali ini kita akan mengulas resep dadar gulung polkadot yang hadir dengan warna-warni menarik dan mengundang selera. Tidak hanya itu saja, bagian dalam atau unti kali ini tidak menggunakan gula merah sama sekali, melainkan menggunakan unti kelapa putih saja, sehingga memberi sensasi baru yang tidak membosankan. Penasaran kan? Yuk langsung kita cobain aja. Bahan Kulit: Santan/susu/air sebanyak 600-750 ml Tepung terigu sebanyak 300 gram Telur sebanyak 4 b

AYO SADARLAH...Korban Vape Roko Elektronik Berjatuhan Lagi, Meledak di Mulut Hingga Rontokkan Gigi. Kamu Belum Juga Ngeri?

Akhir-akhir ini, seringkali kita mendengar  berita menyedihkan yang datang dari para penikmat vape . Rokok elektrik yang dipercaya lebih aman ketimbang rokok tembakau ini ternyata bisa juga meledak. Beberapa kasus yang terjadi di Indonesia sempat mengundang berbagai reaksi dari netizen. Seperti halnya kasus yang belum lama terjadi berikut. Cowok berusia 30 tahun asal Idaho dilarikan ke rumah sakit setempat setelah vape yang sedang dihisapnya meledak. Akibatnya, ia menderita luka bakar tingkat dua di pipi kirinya dan ia harus rela kehilangan tujuh giginya. Benda ini hancur berkeping-keping di dalam mulutnya, merontokkan gigi-giginya, membakar wajah dan leher sisi kirinya, serta meninggalkan bekas kobaran api di tempat kejadian perkara Penyebab vape yang meledak biasanya adalah kesalahan dari penggunanya, tapi juga nggak menutup kemungkinan ledakan bisa terjadi sewaktu-waktu. Sebenarnya, apa sih yang menyebabkan vape sampai meledak? Buatmu yang belum tahu, silakan baca, ya! 1. Kurangnya

PERHATIAN INFO PENTING ... Apakah Anda Masih Menggunakan Bedak Ini...??? Mulai Sekarang Stoooop..!!!!! Laranglah Sanak-Saudara Anda...Kini Merek Bedak Ini, Telah Menimbulkan Penyakit "KANKER" yang Mematikan ..!!! Tolong Bantu Sebarkan ...

Bedak bayi sudah sejak lama digunakan para ibu untuk merawat bayinya dari gatal dan alergi kulit lainnya. Bahkan bedak bayi juga sering digunakan oleh para ibu untuk wajah mereka sendiri dan bagian tubuh yang lain. Para wanita beranggapan bahwa memakai bedak bayi membuat kulit mereka lebih lembut dan terlihat cerah. Nah, jika anda seorang ibu atau gadis yang hingga saat ini masih sering memakai bedak bayi dengan merk Johnson seperti pada gambar diatas, mungkin sekarang ini waktunya anda stop dan mulai pikirkan dampaknya. Untuk diketahui bahwa bedak bayi dengan merk Johnson ini dapat meningkatkan resiko kanker hingga 30 persen. Dr. Daniel Cramer, seorang epidemiologist Amerika menyatakan  bahwa setidaknya ada 10.000 wanita yang menderita kanker ovarium yang disebabkan oleh pemakaian bedak bayi yang rutin selama bertahun-tahun. Fakta Mengejutkan Pada awal 1982, sebuah studi menunjukkan hubungan antara penggunaan bedak bayi dan resiko kanker ovarium. Hasilnya ditemukan bahwa wanita yang m